Cara Menampilkan data di combobox dan otomatis tampil data lainnya di textbox dengan PHP

wah, judul nya kepanjangan ya, hehe..
tapi itu tidak masalah, karena saya menuliskan ini untuk saya sendiri agar script yang akan saya bagikan tidak perlu lagi saya cari di tempat lain, saya mencari script ini sekitar 1 hari, dan kenapa saya sangat mencari script ini, ini karena permintaan seorang teman yang akan mengikuti sidang tepatnya di fakultas teknik ugp takengon aceh tengah, dia meminta saya untuk mencari bagaimana caranya memunculkan isi database ke combobox di php dan juga setelah isi dari combobox tersebut di pilih maka akan otomatis muncul variable nya di textbox yang ada di samping combobox tersebut.

contoh :
saya punya tabel yang namanya 'parkir'
isinya..

data_parkir : no_parkir, nama_pemilik.

contoh isi dari no_parkir :
01,02,03,04 .

nama_pemilik :
jackie chan,jet li,andy lau, bon jovi .

kasusnya di sini adalah,
bagaimana caranya ketika saya pilih salah satu dari no_parkir (combobox) maka nama_pemiliknya harus muncul pada saat bersamaan.
misalnya saya pilih no_parkir "01" maka di textbox nya harus muncul "jackie chan".
disini saya menggunakan cara yang saya dapat dari seseorang yang saya tidak tahu namanya, tempat tinggalnya, dia anak keberapa, sekolah dimana, kuliah dimana, no rumahnya berapa, cukup!!! karena memang ketika saya melihat tulisannya di suatu forum dia tidak mau untuk menampakkan wajahnya dan juga namanya, maka dari itu saya akan menyebutnya dengan nama "My Brother" hehehehe.


nah script dari kasus di atas adalah.

<?php
include "koneksi.php";
$result = mysql_query("select * from parkir");
$jsArray = "var nama = new Array();\n";
echo '<select name="kode" onchange="document.getElementById(\'nama\').value = nama[this.value]">';
echo '<option>-------</option>';
while ($row = mysql_fetch_array($result)) {
    echo '<option value="' . $row['kode'] . '">' . $row['kode'] . '</option>';
    $jsArray .= "nama['" . $row['kode'] . "'] = '" . addslashes($row['nama']) . "';\n";
}
echo '</select>';
?>


<input type="hidden" name="namakelompok" id="namakelompok"/>
<script type="text/javascript">
<?php echo $jsArray; ?>
</script>

perhatikan $result = mysql_query("select * from parkir");
from parkir adalah nama tabel yang saya gunakan..
sesuaikan sama tabel anda, dan juga perhatikan include "koneksi.php";
lihat di file nama database anda, sesuaikan ..
sekian dan terima kasih.


9 Responses to "Cara Menampilkan data di combobox dan otomatis tampil data lainnya di textbox dengan PHP"

  1. Kalau ada contoh source codenya yg bisa di donlod mantap gan....

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi gan. Maaf waktu saya coba script yang agan berikan setelah saya pilih nomor tetapi namanya ga mau muncul. Mohon petunjuknya apa kira2 yang salah ya. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. gan mau tanya nich ya, tutor di atas kan cuma menampilkan data dari combobox/listmenu ke 1 textbox/textfield ... kalau menampilkan ke 2 textbox/textfield gimana ya gan ? misal db nya itu no_parkir, nama_pemilik,no_kendaraan... pas di pilih listmenu (isinya no parkir) akan muncul di textfield1 = nama_pemiliknya, dan di textfield2 = no kendaraannya.. Mohon Pencerahannya agan...

    ReplyDelete
  4. 1 form 1 combo bisa...
    kalau dalam 1 form ada 2 combo yg mengambil dr 2 tabel yg berbeda kemudian di tampilkan juga gmn?
    sdah coba berulang kali tp gagal...

    ReplyDelete
  5. binggung, bisa di jelasin maksud"nya ?
    misalnya onchange itu maksudnya ap ??

    ReplyDelete
  6. nice gan
    kalo misal combobox/list menu nya diganti ama text field
    itu codingnya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  7. bagaiamana contoh script untuk dua combobox yg berdeda dan dua tabel yang berbeda, karena combobox yg pertama datanya muncul sedangkan combobox yg ke dua tidak muncul datanya.

    ReplyDelete
  8. gmn cara bikin combobox dengan cara milih iten code dan pada saat dipilih item codenya akan muncul secara otomatis item namenya?

    ReplyDelete