Membuat Pencarian Lebih Dari Satu Kata Kunci Dengan PHP


Membuat Pencarian Lebih Dari Satu Kata Kunci Dengan PHP
Membuat Pencarian Lebih dari satu kata kunci dengan PHP

Membuat Pencarian lebih dari satu kata kunci dengan php maksudnya adalah kotak pencarian yang biasanya cuma 1 untuk mencari seluruh data baik itu pencarian berdasarkan NPM, pencarian berdasarkan NIS, pencarian berdasarkan Nomor kartu, pencarian berdasarkan tanggal, berdasarkan jenis kelamin, kelas, ruang, nilai dan lain - lain, untuk kali ini saya akan coba share cara mudah membuat pencarian lebih dari satu kata kunci dengan php, atau pun dengan bahasa lainnya adalah membuat pencarian dengan 2 ( dua) atau lebih kotak pencarian.

Jadi disini ceritanya teknik pencarian kita terdiri atas 2 atau lebih kotak pencarian, misal 1 kotak pencarian untuk mencari data berdasarkan Tahun Angkatan, dan satu kotak pencarian lagi untuk pencarian berdasarkan Semester, Maka jika kita ingin mencari mahasiswa semester II angkatan 2009 tinggal ketik di kotak pencarian semester angka romawi II dan di kotak pencarian Tahun Angkatan ketikkan 2009 dan cari.

Script ini masih tergolong ke script php sederhana ya rekan - rekan karena saya pun posting artikel ini untuk pengetahuan saya sendiri mungkin karena saya takut lupa akan pelajaran yang sudah saya pelajari selama ini, di samping itu dengan adanya postingan ini di blog sendiri jadi tidak susah lagi mencari tutorial PHP di blog - blog yang lain.

Oke, untuk tidak berlama - lama lagi akan saya bagikan nih source code php tentang membuat pencarian lebih dari satu kata kunci dengan php dan beserta pembahasannya sedikit.

Oya, Sekedar info saja mungkin ada rekan - rekan yang ingin aplikasi ataupun tutorial tentang php saya kasih link menuju kesana ya rekan - rekan, karena sebelum postingan saya tentang membuat pencarian lebih dari satu kata kunci dengan php ini saya juga sudah pernah membuat artikel tentang php lainnya seperti :
Aplikasi atau pun source code atau pun script php di atas ada yang tinggal download saja dan tinggal anda jalankan tapi ada juga yang hanya script untuk di pelajari lagi dan itu semua gratis karena saya pun masih belajar dan juga saya berharap untuk rekan - rekan sekalian ada yang bisa mengembangkan lagi script ataupun aplikasi yang sudah saya bagikan itu.


Kembali Ke topik tentang membuat pencarian lebih dari satu kata kunci dengan php.

Pertama sekali adalah anda harus sudah bisa membuat database ya, dan juga membuat tabel dengan mahasiswa dan berikut ini field yang harus anda buat.

  1. id
  2. NPM
  3. Nama
  4. JK
  5. Semester
  6. Angkatan
Untuk Yang belum bisa membuat database dan juga tabelnya saya rasa tanya ke teman atau kalau bisa cari dulu saja di google karena banyak yang bahas tentang membuat database di localhost/phpmyadmin.

Untuk yang sudah bisa membuat database dan tabelnya beserta fieldnya seperti yang di atas langkah selanjutnya adalah copykan script berikut ini :

<title>takengonscript.blogspot.com</title>
<center><h3><a href="http://takengonscript.blogspot.com">Pencarian Banyak Data Dengan PHP</a></h3>
<form method="post" target="_self">
Semester :<input name="Semester" type="text" /><br>
Tahun Angkatan &nbsp&nbsp:<input name="TahunAngkatan" type="text" />
<input type="submit" value="Cari " />
</form></center>
<table width="40%" align="center" border="1"> 
<? 
mysql_connect("localhost","root","10");
mysql_select_db("pencarian");
echo "<th bgcolor=blue>No"; 
echo "<th>NPM"; 
echo "<th>Nama"; 
echo "<th>Jenis Kelamin";
echo "<th>Semester";
echo "<th>Tahun Angkatan"; 
$no=1;
$result=mysql_query("select * from mahasiswa
where TahunAngkatan like '%$_POST[TahunAngkatan]%' and
Semester like '%$_POST[Semester]%'");
//takengonscript.blogspot.com
    while($obj=mysql_fetch_object($result))
    {
        echo "<tr><td align=center>".$no++; 
        echo "<td>".$obj->Npm; 
        echo "<td>".$obj->Nama;
        echo "<td align=center>".$obj->JK; 
        echo "<td Align=center>".$obj->Semester;
        echo "<td align=center>".$obj->TahunAngkatan; }
?>
<tr><td  align="center" colspan="10">
<b>By :<a href="http://takengonscript.blogspot.com">takengonscript.blogspot.com</a></b>
</table> 
</form>

Simpan script di atas di file kosong dan buat namanya terserah pada anda.
Untuk yang warna merah saya rasa rekan - rekan sudah mengerti kenapa harus saya kasih tanda merah, ya itu harus anda sesuaikan dengan yang di laptop atau komputer anda baik itu dari password maupun dari nama databasenya.

Setelah itu simpan dan segera jalankan di browser kesayangan anda.
Semoga bermanfaat.
Jika ada pertanyaan silakan di kotak komentar.

1 Response to "Membuat Pencarian Lebih Dari Satu Kata Kunci Dengan PHP"