Cara Menampilkan Data Lebih Dari Satu Ke Textbox Berdasarkan Pilihan Di Combobox Dengan PHP dan Mysql.

Cara Menampilkan Data Lebih Dari Satu Ke Textbox Berdasarkan Pilihan Di Combobox Dengan PHP dan Mysql.

Cara Menampilkan Data Lebih Dari Satu Ke Textbox Berdasarkan Pilihan Di Combobox Dengan PHP dan Mysql.
Lumayan panjang ya judulnya, saya tidak begitu ahli dalam hal menulis, seperti judul saja saya bingung mau kasih judul apa postingan ini, Cara menampilkan data dari comboboxkah?, cara menampilkan nama ke textbox berdasarkan pilihan di comboboxkah? saya bingung, oleh karena itu saya buat judul Cara Menampilkan Data Lebih Dari Satu Ke Textbox Berdasarkan Pilihan Di Combobox? ada tulisan Lebih Dari Satu Ke Textbox, itu artinya apa? jika rekan-rekan sekalian bertanya seperti itu maka akan saya jawab.

Maksud dari menampilkan data lebih dari satu ke textbox berdasarkan pilihan di combobox adalah dengan sebuah combobox yang berisikan entah itu Kode, NPM, NIS, Nomor Kartu Keluarga, Nomor KTP dan lainnya kebetulan di postingan ini kita menggunakan kode untuk kata kunci dari field yang lainnya yang merupakan Kata Kunci dari sebuah tabel, maka di textbox yang ada akan otomatis menampilkan data berdasarkan Kata Kuncinya, Misal pada tabel anda buat Nama Jokowi dan KODE nya adalah 123, maka di combobox akan otomatis tampil KODE 123 dan ketika anda pilih 123 yang akan muncul di textbox adalah nama jokowi.

Combobox di sini berfungsi untuk menampilkan kode dari tabel yang sebelumnya sudah kita input beserta field yang lainnya seperti nama, jenis kelamin dan juga alamat, dari pemilihan kode tersebut akan menampilkan data yang sesuai dengan tabel seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Untuk aplikasi php sederhana ini saya akan sediakan Link Download yang sudah jadi alias tinggal di jalankan ya rekan-rekan, semoga ini bisa di kembangkan lagi karena program atau pun aplikasi ini masih sangat mendasar sekali, sebenarnya script yang akan saya share ini saya dapatkan dari blog tetangga beberapa tahun lalu, maka dari itu tidak saya sertakan sumbernya karena saya sudah lupa darimana asalnya script ini.

Untuk rekan-rekan yang ingin mendownloadnya silakan download program sederhana ini,


Untuk menjalankan program ini silakan extract file .zip yang baru di download, kemudian buat database dan importkan tabelnya dari file yang sudah ada yaitu combotext.sql.

Catatan : perhatikan nama database yang baru anda buat dan yang baru anda download, sesuaikan nama database anda dan juga passwordnya.

Nah, itulah tutorial cara menampilkan data lebih dari satu ke textbox berdasarkan pilihan di combobox dengan PHP dan MYSQL.
Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya, jika bisa pasti saya akan jawab, untuk kekurangannya juga saya terima kritik dan sarannya.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.




0 Response to "Cara Menampilkan Data Lebih Dari Satu Ke Textbox Berdasarkan Pilihan Di Combobox Dengan PHP dan Mysql."

Post a Comment