Cara Mudah Membuat Koneksi ke database MYSQL dengan Script PHP


Cara mudah membuat script koneksi dengan php.
Pada dasarnya belajar pemograman dengan PHP itu menyenangkan, kenapa? karena belajar pemograman php kita bermain dengan Kode-kode atau script-script yang akan kita jalankan sehingga nantinya menjadi sebuah sistem yang akan berjalan sesuai dengan keinginan pembuatnya, bagi saya belajar php menyenangkan karena tidak semua orang bisa memerintahkan sebuah sistem/aplikasi dengan bahasa PHP, walaupun di luar sana sudah banyak master-master php yang ilmunya jauh di atas kita tapi sekali lagi, tidak semua orang bisa menggunakan PHP untuk membuat sebuah program, jadi banggalah kita sebagai orang yang bisa menjalankan script PHP,

Untuk bisa menjalankan sebuah program php tidak terlepas dari sebuah perintah dimana perintah yang 1 ini adalah perintah yang sangat penting sekali dalam pemrosesan program php, yaitu Koneksi ke database, sebenarnya tanpa perintah koneksi tersebut pun script php tetap bisa di jalankan tapi apa jadinya jika sebuah program tidak memiliki database? bukankah database tersebut tempat penyimpanan data dari sebuah program? maka dari itu di sini saya akan membahas bagaimana cara mudah dan simple membuat koneksi dengan script PHP.

Pada dasarnya pembuatan script koneksi itu tidak terlalu sulit, memang sebagian rekan-rekan memberikan tutorial yang lengkap sekali tentang koneksi pada PHP, disini saya hanya akan memberikan script dasar  koneksi ke database tanpa banyak komentar atau pun atribut lainnya.
Ini adalah tulisan script Koneksi kedatabase.

<?php
mysql_connect("localhost","root","");
mysql_select_db("Nama_Database");
?>

Bagaimana? simple kan? ya itulah script untuk mengkoneksikan program yang kita buat ke database, disini kita membahas tentang MYSQL sebagai databasenya.

Sedikit penjelasannya

mysql_connect("localhost","root","");
Script ini menyatakan tentang host yang anda gunakan, Cara penggunaan ini berlaku di localhost/phpmyadmin.

mysql_select_db("Nama_Database");
Dan ini adalah tempat untuk nama dari database yang hendak rekan-rekan buat sebagai nama databasenya, tinggal rekan-rekan ganti yang di dalam kurung dengan nama database yang anda buat.

Demikianlah untuk tutorial PHP sederhana ini yang membahas tentang bagaimana cara mudah membuat koneksi ke database MYSQL dengan Script PHP.

Jika ada kekurangan saya terima kritik dan sarannya di kotak komentar yang sudah di sediakan, sebagai catatan saya juga masih belajar di dunia pemograman PHP ini.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Koneksi ke database MYSQL dengan Script PHP"

Post a Comment